Friday, June 23, 2006

Metode Abyan

BOGOR - Selama ini kita banyak mengenal metode membaca Al Qur'an seperti Qiroati, Al Barqi. Namun ada satu metode yang cukup unik yang ditemukan oleh seorang ustadz bernama Umar Ash-Shidiq. Ustadz yang tinggal di kawasan Cemplang Baru, Bogor Barat, ini lebih senang menyebut temuannya dengan metode Abyan.

Menurutnya, metode Abyan lebih unggul dibanding metode-metode membaca Al Qur'an yang selama ini ia pelajari. Karena tanpa persyaratan yang rumit seorang murid yang tidak mengerti huruf Al Qur'an, hanya dalam waktu dua jam sudah bisa membaca Al Qur'an. Berbekal selembar kertas yang berisi petunjuk metode tersebut, Ustadz Umar malang melintang mengajarkan temuannya. Hal ini sudah ia praktekkan dibanyak tempat dan terbukti berhasil. Bahkan katanya metode yang sama bisa digunakan bagi orang-orang yang ingin cepat bisa membaca kitab kuning (Arab gundul).



Saat ditanya mengapa metodenya tidak dibukukan, ustadz Umar menjawab bahwa ia tidak ingin membebani pikiran muridnya dengan tebalnya buku yang harus dibaca dan dipelajari. Justru itu yang ia hindari. Muridnya harus fokus pada pelajaran bukan pada tebal dan banyaknya rumus yang harus dipelajari, imbuhnya.

Ustadz yang mengaku sempat menyelami dunia hitam (preman) ini, saat ini sedang membangun sebuah pesantren khusus membaca Al Qur'an dan kitab-kitab klasik. Ia mengharapkan bantuan dari para muhsinin untuk merealisasikan cita-citanya tersebut. [imngrh]

1 comment:

Amelia Fauzia said...

Menarik sekali metode abyan ini. Bisa kasih info dimana saya bisa dapat panduan yang katanya 'satu lembar' itu? Salam, amel.